Senin, November 10, 2008

Turnover disebuah perusahaan

Ada lima hal yg sangat spesifik menyangkut tingkat turnover disebuah perusahaan sangat tinggi menurut saya, mungkin nanti rekan2 ada yang menambahkan :

1. Gaji

Semua orang tahu jika memasuki dunia kerja pertanyaan pertama yg timbul dibenak adalah berapa gaji saya, walau secara kasat mata pada saaat wawancara penerimaan pegawai masalah gaji ini jarang tergali. dan ada keengganan bagi calon karyawan terutama bagi fresh graduate untuk secara gamblang membicarakan gaji, alasannya yg penting diterima dulu.

2. Atasan
Atasan merupakan faktor pengikat bagi karyawan untuk betah bekerja di sebuah perusahaan. atasan yg ramah, penuh perhatian terhadap masalah kesejahteraan hidup karyawan, orang akan nyaman bekerja,

3. Pekerjaaan itu sendiri

Bekerja bukan pada bidangnya jangan harap anda akan lebih lama akan mempertahankan karyawan bekerja diperusahaan, biasanya utk keluar dari masalah bekerja yg bukan bidangnya perusahaan harus sering-sering melakukan pelatihan. agar karyawan bisa lebih menyatu dan memahami bidang kerja yg baru sama sekali.

Dalam hal ini, bidang yang diminati terkadang sesuai dengan background pendidikan, namun ada kalanya qta menemukan bidang yang diminati setelah mengenal suatu pekerjaan, yang mungkin tidak linier dengan background sebelumnya ;)


4. Rekan kerja

Rekan kerja yg penuh kekeluargaan membuat karyawan ingin cepat-cepat sampai di tempat kerja. kalau mentalitas keinginan cepat sampai di kantor tetap terjaga suasana kekeluargaan akan terus tercipta berbahagialah Anda sebagai pemimpin perusahaan.

5. Suasana kerja
Suasana kerja ada orang bilang "terus terang gaji saya kecil tapi saya senang menjalaninya hampir separuh hidup saya, saya jalani dengan pekerjaan di kantor tapi saya enjoy aja karena suasana kantor menyenangkan, yg no 5 ini sebenarnya merupakan kumulatif dari 4 point diatas.

Selamat bekerja, dan selamat mempelajari turnover di perusahaan Anda, hidup sangat dinamis dan cepat sekali berubah barangkali yg lima itu akan bertambah, tapi biasanya merupakan bagian dari yg lima di atas.

0 komentar:

Posting Komentar